Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kronologi Kakek Tewas Dibunuh Adik Ipar Sendiri di Empat Lawang

Tersangka dan barang bukti. Foto: Polres Empat Lawang.
SEBUAH tragedi mengerikan terjadi di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, di mana seorang kakek bernama Saiden bin Mat Ragap (60 tahun) ditemukan tewas di depan rumahnya sendiri di Desa Paduraksa, Kecamatan Sikap Dalam, Sabtu (30/3/2024) lalu. 

Korban ditemukan mengalami luka di bagian kepala yang diduga akibat bacokan senjata tajam. Namun, kejadian ini menjadi lebih tragis ketika pelaku pembunuhan ternyata adalah adik ipar korban sendiri, seorang pria bernama Hanapin (56 tahun).

Keduanya tinggal serumah dan korban diketahui dalam kondisi gangguan jiwa atau ODGJ. 

Insiden itu terjadi saat korban secara tiba-tiba melarang Hanapin untuk masuk ke rumah, yang kemudian berujung pada pertengkaran hebat di antara keduanya.

Korban juga melempari Hanapin dengan batu bata ditambah dengan memukul Hanapin dengan menggunakan kayu bakar.

Dalam keadaan emosi yang memuncak, Hanapin yang sudah tidak dapat mengendalikan diri lagi, mengambil pisau dapur dan menusuk Saidin pada bagian kepala. 

Akibatnya, korban langsung roboh dan tergeletak bersimbah darah di ruangan tengah rumahnya.

Usai melakukan perbuatan mengerikan itu, Hanapin kabur ke arah perkebunan di belakang desa dan membuang pisau yang digunakan untuk membunuh korban. Namun, tidak lama setelah itu, ia menyerahkan diri kepada pihak kepolisian.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Dody Surya Putra, menyatakan bahwa kasus ini telah diungkap oleh pihak kepolisian setempat. 

"Waktu kejadian Sabtu 30 Maret lalu sekitar jam 10 pagi. Bersamaan dengan pelaku juga sudah kita amankan barang bukti baju pelaku dan juga korban," ujarnya. (*/red)