Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerakan Pangan Murah Dukung Stabilitas Harga Pangan Menjelang Idul Fitri di Empat Lawang

Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga pangan menjelang Idul Fitri di Empat Lawqng, Senin (1/4/2024). Foto: dok/ist
DINAS Ketahanan Pangan Empat Lawang turut serta dalam Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga pangan menjelang Idul Fitri tahun 2024. Dalam upaya tersebut, dua titik distribusi telah disiapkan di pasar Pulau Mas dan di depan kantor Kejari serta MUI, Senin (1/4/2024).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Empat Lawang, Noverman Subhi mengatakan, GPM hari ini melibatkan penyediaan sebanyak 2 ton beras SPHP, 200 liter minyak goreng, 200 kg tepung terigu, dan 20 kg daging. 

Sementara Selasa, tanggal 2 April 2024, persediaan pangan di titik distribusi yang sama akan meningkat menjadi 10 ton beras SPHP, 500 liter minyak goreng, 300 kg tepung terigu, dan 100 kg daging.

Tujuan utama dari GPM ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang mampu, sekaligus menjaga stabilitas harga pangan dan mengendalikan inflasi di wilayah Empat Lawang. 

Selain komoditas yang disediakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Dharma Wanita Persatuan Empat Lawang juga turut berkontribusi dengan menyediakan kebutuhan masyarakat lainnya, seperti telur.

Kepala Bidang Distribusi, Fafif Fortuna yang mendampingi Noperman Subhi, berharap agar masyarakat dapat mengantre dengan tertib untuk memastikan kelancaran distribusi pangan. Dia juga menegaskan bahwa kedepannya, GPM akan diperluas ke beberapa kecamatan lain di Empat Lawang.

Sementara itu, respons dari masyarakat terhadap GPM sangat positif. Seorang ibu yang mengantri sambil menggendong anaknya menyampaikan kebahagiannya karena dapat membeli bahan pangan dengan harga yang terjangkau. 

Namun, beberapa ibu juga mengingatkan pemerintah untuk membuka kembali pasar murah agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dengan harga yang lebih terjangkau.

Dengan berbagai langkah ini, diharapkan GPM dapat menjadi solusi dalam memastikan ketersediaan dan aksesibilitas pangan yang memadai bagi masyarakat Empat Lawang menjelang perayaan Idul Fitri tahun ini. (*/red)