Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulkan Para Pendekar dari Dua Perguruan Silat, Demi Sukseskan Pilkada 2024

Audiensi Kapolres OKU Timur, AKBP Dwi Agung Setyono dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Perguruan Pagar Nusa, dan Perguruan IKSPI Kera Sakti. Foto: Polres OKU TIMUR
DEMI
terciptanya situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Kapolres OKU Timur, AKBP Dwi Agung Setyono mengambil langkah tegas dengan merangkul Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Perguruan Pagar Nusa, dan Perguruan IKSPI Kera Sakti.

Pada Rabu (26/03/2024), di Aula Command Center Polres OKU Timur, dilaksanakan audensi antara Kapolres OKU Timur dan pengurus IPSI, Pagar Nusa, serta Perguruan IKSPI Kera Sakti OKU Timur. 

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres menyampaikan bahwa OKU Timur selain terkenal sebagai Kabupaten Lumbung Pangan, juga merupakan Kabupaten Lumbung Pendekar/Pesilat dengan terdapatnya 14 Perguruan Silat yang tergabung di dalam IPSI.

Menyadari potensi besar tersebut rentan terhadap gesekan, Kapolres mengimbau peran penting pelatih dan pengurus perguruan untuk meredamnya, serta menyelesaikan masalah melalui jalur perguruan dan mekanisme yang ada, tanpa menimbulkan pelanggaran hukum baru. 

Untuk memperkuat hubungan, Polres OKU Timur akan segera melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang seluruh perguruan silat dan beladiri lainnya.

Sekretaris Umum IPSI OKU Timur, M. Subhan, menyatakan kesiapan IPSI untuk mendukung Polres OKU Timur dalam menciptakan situasi aman dan kondusif menjelang Pemilukada 2024. 

Sementara itu, Ketua Cabang Pagar Nusa OKU Timur, Abdul Kholiq, dan Ketua IKSPI Kera Sakti, Yohanes Budianto, menegaskan kesiapan mereka dalam mematuhi arahan Kapolres OKU Timur serta mendukung tugas Polri guna menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Audiensi yang dipimpin oleh Kapolres AKBP Dwi Agung Setyono, dihadiri oleh sejumlah pejabat Polres OKU Timur seperti Kabag Ops Kompol Tamimi, Kasat Intelkam Iptu Arie Gusman, dan Kanit III Sosbud Sat Intelkam. 

Langkah-langkah kolaboratif ini diharapkan dapat menjaga keamanan dan kedamaian masyarakat OKU Timur menjelang pelaksanaan Pilkada 2024. (*/red)