Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapolres Empat Lawang Buka Rapat Koordinasi Lintas Sektoral untuk Operasi Ketupat 2024

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Ketupat 2024, digelar di Gedung Elang Polres Empat Lawang. Foto: dok/Humas Polres Empat Lawang.
KAPOLRES Empat Lawang, AKBP Dody Surya Putra, secara resmi membuka Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Ketupat 2024, digelar di Gedung Elang Polres Empat Lawang.

Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Waka Polres Empat Lawang, Pj Bupati yang diwakili oleh Kasat Pol PP Kabupaten Empat Lawang, Kajari Kabupaten Empat Lawang, Dandim 0405 Lahat, Kepala BNN Kabupaten Empat Lawang, serta Forkopimda Kabupaten Empat Lawang. 

Turut serta juga pejabat utama Polres Empat Lawang dan Kapolsek Jajaran Polres Empat Lawang.

Dalam penyampaian pembukaan rapat, Kapolres Empat Lawang menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi fokus rapat koordinasi. 

Salah satunya adalah untuk menyamakan persepsi serta mendapatkan saran dan pendapat guna memperlancar pelaksanaan perayaan Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

Selain itu, tujuan rapat ini adalah memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama umat Islam, dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan merayakan Idul Fitri 1445 H dengan aman, nyaman, tertib, dan lancar.

Bupati Empat Lawang yang diwakili oleh Kasat Pol PP Kabupaten Empat Lawang juga menyampaikan beberapa hal penting dalam rapat tersebut. 

Ia menekankan bahwa perayaan Idul Fitri merupakan momen sakral bagi umat Islam, dan diprediksi akan meningkatnya volume masyarakat yang mudik ke Kabupaten Empat Lawang serta melintas di daerah tersebut.

Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab bersama untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang pulang ke daerah masing-masing. 

Selain itu, persoalan kesehatan dan kebersihan lingkungan juga perlu diantisipasi dengan baik mengingat peningkatan volume masyarakat.

Rapat koordinasi lintas sektoral ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dalam menghadapi arus mudik Lebaran, dengan tujuan menjaga kelancaran dan keselamatan para pemudik serta masyarakat umum. 

Ini merupakan bentuk kesiapan dalam pelaksanaan pengamanan Idul Fitri 1445 H, meliputi kesiapan personel, sarana prasarana, serta keterlibatan unsur-unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan perayaan Idul Fitri tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua pihak yang terlibat. Semoga operasi Ketupat 2024 dapat berjalan sukses demi keamanan dan kenyamanan masyarakat. (*/red)