Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 7 Sekolah Kedinasan Buka Pendaftaran SMA Jurusan IPS

Ilustrasi
PEMERINTAH Republik Indonesia membuka pintu bagi calon mahasiswa, taruna, dan praja tahun 2024 untuk bergabung dengan sekolah kedinasan sebagai langkah awal menuju menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Selain mendapatkan kesempatan untuk kuliah gratis, para siswa yang berhasil lolos seleksi juga berpeluang menjalani ikatan dinas sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Berikut adalah sekolah kedinasan yang menerima pendaftaran siswa dari jurusan IPS, serta persyaratannya:

1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara)
   - Tahun ini, pelamar harus memiliki nilai UTBK SNBT 2024.

2. Politeknik Statistika STIS (Statistika STIS)
   - Syarat: Nilai matematika kelompok A atau umum dan bahasa Inggris minimal 80 dari 100 atau 3.20 dari 4.00 pada ijazah atau nilai rapor semester gasal kelas 12.

3. Sekolah Kedinasan Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia)
   - Tidak ada syarat nilai minimal, namun terdapat rangkaian seleksi seperti wawancara, pengamatan fisik, dan keterampilan (WPFK) selain Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sekolah kedinasan, psikotes, kesamaptaan, dan tes kesehatan.

4. STMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)
   - Tidak mensyaratkan asal jurusan tertentu, namun pelamar harus lolos Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) STMKG.

5. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
   - Syarat: Nilai rata-rata ijazah minimal 70,00, khusus untuk pendaftar di Provinsi Papua dan sekitarnya nilai minimal adalah 65,00.

6. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
   - Persyaratan: Nilai rata-rata rapor minimal 75 untuk semester 1-5 bagi siswa kelas 12 dan nilai rata-rata ijazah minimal 80 bagi lulusan 2022 dan 2021.

7. Sekolah Kedinasan Kemenhub (Kementerian Perhubungan)
   - Ada beberapa prodi yang bisa dilamar siswa IPS, seperti D3 Manajemen Transportasi Perkeretapian (MTP), D3 Manajemen Transportasi Udara (MTU), dan lainnya. Siswa perlu memperhatikan kriteria pelamar untuk tiap prodi.

Dengan memilih jalur sekolah kedinasan, para calon ASN memiliki kesempatan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan di bidang yang diminati serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa melalui pelayanan publik. (*/red)