Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ramadhan Reuni

Ramadhan Reuni

AWAL Ramadhan 1444 Hijriah sudah ditentukan pemerintah melalui Kementerian Agama dalam sidang Isbat, Rabu (22/3/2023). 

Sesuai dengan pengumuman pemerintah tersebut, 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023.

Ramadhan 144 Hijriah, dipredeksi bakal ramai khususnya di Masjid dan Mushola.

Ada beberapa faktor yang akan membuat Masjid dan Mushola bakal lebih ramai dibandingkan tahun sebelumnya. 

Pertama karena pemerintah tidak lagi melakukan pembatasan berkumpul, lantaran COVID-19 sudah jauh mereda.

Kedua, tahun ini proses tahapan pemilihan umum (pemilu) 2024 sudah berjalan dan jabatan para wakil rakyat sudah tinggal kurang lebih satu setengah tahun lagi.

Untuk diketahui, pelaksanaan hari pemilihan umum anggota legislatif (pileg) pada pemilu 2024, sudah ditetapkan 14 Februari 2024. 

Dalam hitungan kami, Ramadhan 1444 Hijriah ini, merupakan Ramadhan terakhir sebelum pemilu 2024. Sebab, Ramadhan 1445 Hijriah, pelaksanaan hari pencoblosan sudah dilaksanakan.

Ramadhan 1445 Hijriah, itu bulan untuk para calon anggota legislatif (caleg) untuk merenung jika kalah, dan menjadi bulan yang penuh suka cita bagi caleg yang menang.

Mereka yang menang, tentu tidak mungkin lagi pulang kampung, karena sibuk mengawal kemenangan hingga akhirnya dilantik. Kalau sudah begitu, tidak akan ada lagi harapan pulang kampung.

Khusus untuk Ramadhan 1444 Hijriah ini, merupakan momen sosialisasi bagi bakal caleg dan momen pulang kampung bagi anggota Dewan yang terpilih pada pemilu 2019 lalu.

Tidak heran jika Ramadhan 1444 Hijriah, akan ada banyak yang mendadak alim dan mendadak ada di tengah-tengah masyarakat. Padahal pada Ramadhan tahun sebelumnya tidak pernah terlihat di Masjid atau di tengah-tengah masyarakat.

Jangan juga heran, jika Ramadhan tahun ini, akan banyak anggota Dewan yang pulang kampung dengan alasan ingin menjalankan puasa Ramadhan di kampung halaman. Padahal, selama 3,5 tahun sejak dilantik, yang bersangkutan seperti batu jatuh ke lubuk.

Meski terkesan negatif, ada sisi positif yang bisa kita nilai, jika Ramadhan 1444 Hijriah adalah Ramadhan Reuni antara rakyat dengan orang yang dia pilih pada pemilu 2019 lalu.

Bukankah menyambung tali silaturahmi adalah perbuatan yang baik dan sangat dianjurkan dalam agama?. Apalagi jika ada berkahnya, walaupun hanya kalender dan amplop yang isinya Rp20 ribu saja.

Ramadhan Reuni ini juga, bukan hanya bulan panen ibadah, namun juga panen keberuntungan bagi Masjid dan Mushola. Lantaran, akan banyak tokoh-tokoh turun gunung, menyambangi Masjid dan Mushola.

Oleh karenanya, pengurus Masjid dan Musholah juga harus pintar memanfaatkan situasi, jika mau. Segera siapkan proposal pembangunan atau rehab Masjid dan Mushola dalam bentuk dokumen yang siap diedit sedikit dan langsung print dengan cepat.

Sebab, inilah momen pertama dan terakhir ketika para tokoh yang terhormat itu datang ke Masjid atau Mushola kita. Mumpung dalam masa Ramadhan Reuni tahun ini. **