Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petakan Produk Hasil Pertanian

MANGOCI4LAWANG POST, EMPAT LAWANG - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Empat Lawang, saat ini masih menunggu pemetaan komoditas pertanian di sepuluh kecamatan dalam wilayah Kabupaten Empat Lawang, yang selanjutnya akan disinkronkan dengan program pemerintah kabupaten (Pemkab) Empat Lawang.
 
Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Empat Lawang, Hamdan Zaini saat dibincangi Harian Silampari baru-baru ini mengatakan, saat ini pihaknya baru mulai menyiapkan pemetaan mengenai macam-macam komoditas pertanian unggulan disetiap wilayah kecamatan. Dari hasil pendataan itu kata dia, akan menjadi dasar pembangunan pertanian, baik untuk jangka panjang, jangka pendek dan jangka menengah di Kabupaten Empat Lawang.

"Karena pembangunan pertanian itu memerlukan kajian, makanya kita tunggu hasil pendataan produk pertanian di Kabupaten Empat Lawang yang saat ini sedang dilaksanakan pihak konsultan," ungkap Hamdan.

Dari hasil pendataan itu, jelas Hamdan, akan dilakukan sosialisasi ke tengah masyarakat. Sebagai gambaran awal kata dia, produk unggulan hasil pendataan, tidak akan jauh dari produk pertanian yang pernah dikembangkan. Hanya saja, hasil pendataan kali ini akan lebih spesifik dan lebih menyentuh dari kebiasaan masyarakat setempat. "Sebagai contoh, di tengah masyarakat Pendopo, banyak pohon manggis, sementara di Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Saling, banyak pohon duku dan durian. Jenis-jenis tanaman itulah yang nanti kita kembangkan baik dari segi kwantitas dan kwalitas, salah satunya menyiapkan bibit unggul dengan varietas terbaik," ujarnya.

Sehingga kedepannya kecamatan-kecamatan itu tidak hanya dikenal sebagai daerah penghasil, tapi menjadi sentra produk pertanian masing-masing yang dikembangkan. "Intinya kita ingin sektor pertanian dan perkebunan dapat meningkatkan taraf ekonomi para petani. Mungkin dulu kita belum maksimal, Insyaallah kedepan sektor pertanian, perkebunnan hingga perternakan dan perikanan dapat lebih berkembang lagi," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, Amrullah menjelaskan, penyusunan data produk pertanian yang dilakukan Distan Kabupaten Empat Lawang, disinkronkan dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Empat Lawang. 

"Ya tetap mengacu pada RTRW kita. Dari hasil pendataan mereka itu, nanti langsung eksen atau dalam kata lain setelah pendataan, mereka langsung tindak lanjuti dengan kegiatan," terangnya. (021)