Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puluhan Anggota PPK Kumpul di Hotel Zulian

MANGOCI4LAWANG POST, EMPAT LAWANG - Puluhan anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Kabupaten Empat Lawang, berkumpul di aula Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi, menggelar rapat bersama komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Banwas) Kabupaten Empat Lawang, Sabtu (9/2/2019).
 
Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang, Ali Alimin mengatakan, rapat bersama tersebut, merupakan rapat koordinasi (Rakor) penyusunan daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus dua (DPK-2), agar pelaksanan pemilihan umum (pemilu) 27 April 2019 mendatang, seluruh warga negara yang berhak memilih dapat terakomodir semua dan meminimalisir terjadinya kehilangan hak suara warga negara.

"Keberhasilan kita nanti dalam menyusun DPTb dan DPK-2, akan memberi gambaran kinerja kita selaku penyelenggara pemilu. Oleh karena itu, rapat kali ini perlu diperhatikan, mengingat pentingnya ketelitian dalam menyusun DPTb dan DPK itu," jelas Ali Alimin.

Diapun memaparkan ada tiga kategori pemilih dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Kategori yang dimaksud antara lain, pemilih yang masuk dalam daftar pilih tetap (DPT), yaitu pemilih yang disusun KPU berdasarkan data kependudukan dan catatan sipil. Selanjutnya ada pemilih yang sudah masuk DPT namun tidak bisa memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar, karena berbagai sebab. 

"Seperti warga yang mengalami sakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit atau contoh lain warga binaan lembaga pemasyarakatan. Mereka tetap diakomodir hak pilihnya dan kita fasilitasi, kecuali beberapa diantaranya yang dicabut hak pilihnya oleh pengadilan," urainya.

Lebih lanjut Ali Alimin menjelaskan kategori ketiga, yaitu pemilih khusus. Pemilih ini sebut dia, merupakan warga negara yang memiliki hak pilih sesuai dengan undang-undang namun tidak terdaftar di DPT. "Dia tetap bisa memilih, namun membawa KTP Elektronik saat hendak memberikan suaranya di TPS dan mereka ini harus difasilitasi oleh PPK dan PPS," sebutnya.

Selaku Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang, Ali Alimin meminta seluruh jajarannya agar tetap bekerja profesional dalam menjalani tahapan pemilu 2019 hingga pelaksanaan pemilu selesai dilaksanakan. Apa lagi sebut dia, pemilu 2019 merupakan pemilu serentak yang tidak hanya memilih anggota DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD RI, namun juga memilih Presiden RI priode berikutnya.

"Karena itu, saya minta KPU hingga jajaran yang di bawahnya tetap solid, saling bantu. Jangan pernah mengambil tindakan sendiri tanpa ada kesepakatan bersama dan yang lebih penting lagi, tetap memegang teguh aturan-aturan perudang-undangan dan regulasi yang telah digariskan," pesannya. (*)