Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Maksimal Digunakan di Wilayah Blank Spot

MANGOCI4LAWANG POST, TEBING TINGGI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, mendapat bantuan satu unit mobil untuk dioperasikan sebagai perpustakaan keliling. Namun demikian, mobil perpusatakaan keliling tersebut tidak dapat dioperasikan secara maksimal di sejumlah wilayah di Kabupaten Empat Lawang, karena diketahui di sejumlah wilayah dalam kabupaten ini ternyata masih banyak blank spot alias tidak ada signal seluler.

Padahal, mobil perpustakaan keliling tersebut memerlukan signal seluler untuk mengoptimalkan sejumlah perangkat agar terhubung dengan jaringan internet.

"Kami siap menerima usulan masyarakat atau sekolah untuk didatangi mobil perpustakaan keliling ini. Asal di lokasi itu ada signal seluler kami siap datang, sebab di mobil ini ada jaringan wiffi-nya yang tentu memerlukan jaringan seluler," ungkap Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Empat Lawang, Choiri Badri saat dibincangi wartawan di sela-sela kegiatan lounching mobil perpustakaan keliling di halaman Kantor Bupati Empat Lawang, Senin (11/2/2019).

Diapun mencontohkan desa mana saja yang dianggap blank spot, seperti Desa Ujung Alih Kecamatan Tebing Tinggi, itu kata dia, tidak ada sama sekali jaringan seluler. Karenanya, selama lokasi ada jaringan seluler, pihaknya siap datang bersama mobil perpustakaan keliling tersebut. 

"Selain itu, untuk mengoptimalkan kegiatan mobil perpustakaan keliling, kita juga perlu anggaran, ada jenset dan mobil juga butuh biaya transport dan perawatan serta bayar internet. Kita berharap ada anggaran untuk itu kedepannya," kata mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Empat Lawang tersebut, menutup pembicaraan.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengatakan, mobil perpustakaan keliling ini merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada Kabupaten Empat Lawang. Di Sumsel sendiri sebut dia, pada tahun ini cuma ada dua unit bantuan mobil perputakaan keliling, yakni Kabupaten Empat Lawang dan Kota Pagaralam. 

"Insyaallah akan dapat lagi gedung yang juga bantuan dari Perpustakaan Nasional," tukasnya. (021)