Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SIAP-SIAP! CPNS 2024 Buka Pendaftaran Lulusan SMA/SMK

Ilustrasi
KABAR baik bagi para lulusan SMA, SMK, dan sejenisnya! Kini ada peluang besar untuk bergabung sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2024, dengan salah satunya adalah melalui perekrutan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pendaftaran CPNS 2024 diperkirakan akan dibuka mulai bulan April hingga Mei. Hal ini juga berlaku untuk Perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun anggaran 2023-2024, yang dijadwalkan akan dibuka pada bulan yang sama.

Meskipun awalnya seleksi nasional untuk CPNS dijadwalkan pada bulan Maret 2024, namun informasi terbaru menyebutkan bahwa pelaksanaannya akan diundur mulai bulan April 2024. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa pendaftaran CPNS dan PPPK juga akan diundur hingga bulan Mei 2024.

Tetapi, meskipun ada penundaan, seleksi CPNS dan PPPK tetap akan dilaksanakan dalam tiga tahap gelombang sepanjang tahun 2024. Jumlah formasi yang dibuka mencapai 2,3 juta, memberikan kesempatan besar bagi lulusan baru atau Fresh Graduate.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka total 2.302.543 formasi Calon ASN (CASN) untuk CPNS dan PPPK di pusat dan daerah. Formasi tersebut dialokasikan dalam dua kategori besar, yaitu CPNS sebanyak 912.758 formasi dan PPPK sebanyak 1.867.333 formasi.

Banyaknya formasi tersebut tidak terlepas dari kebutuhan akan tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, termasuk tenaga ahli digital, dan berbagai posisi lainnya. Salah satu Kementerian yang membuka formasi dengan kuota besar adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), khususnya untuk formasi penjaga tahanan.

Bagi yang tertarik, ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui, antara lain Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT (Computer Assessment Test), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), Seleksi Kesamaptaan, Seleksi Wawancara, dan Seleksi Pengamatan Fisik dan Keterampilan.

Lokasi seleksi CPNS Kemenkumham harus sesuai dengan kantor wilayah yang dilamar, dan pelamar akan bersaing dengan pelamar sejenis berdasarkan jenis kelamin di wilayahnya, meningkatkan peluang untuk terpilih.

Inilah peluang emas bagi para lulusan SMA dan SMK untuk memulai karier sebagai abdi negara melalui CPNS 2024. Segera persiapkan diri dan manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya! (*/red)