Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyembuhkan Cantengan alias Ulat Sebayan di Kuku Kaki, Alternatif Tanpa Bahan Kimia

Ilustrasi
PERNAHKAH kamu mengalami cantengan, atau dalam bahasa masyarakat di Empat Lawang Sumsel, dikenal sebagai Ulat Sebayan? Jika iya, pasti kamu tahu betapa tidak nyamannya kondisi tersebut. 

Cantengan atau ulat sebayan, yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur di area kuku, terutama kuku kaki, dapat mengganggu dan menyakitkan. 

Bahkan, jika tidak ditangani dengan baik, cantengan bisa membuat kuku lepas dari jari akibat infeksi yang ditimbulkannya.

Gejala Cantengan

Cantengan biasanya ditandai dengan munculnya kulit kemerahan dan bengkak di sekitar kuku yang teriritasi. Selain itu, gumpalan nanah juga bisa muncul di sekitar kuku yang teriritasi, menambah rasa tidak nyaman.

Pengobatan Alternatif Tanpa Bahan Kimia

1. Lidah Buaya: Dikenal memiliki sifat antibakteri, antiseptik, dan mengandung antioksidan polyphenol, lidah buaya dapat membantu mengurangi inflamasi akibat cantengan. Cukup aplikasikan gel lidah buaya pada area kaki yang terkena cantengan dan tutup dengan perban untuk perlindungan maksimal.

2. Tea Tree Oil: Minyak tea tree mengandung flavonoid yang berperan sebagai antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri. Teteskan minyak tea tree di atas kasa dan balutkan ke area kaki yang mengalami cantengan. Ganti balutan tersebut dua hingga tiga kali sehari untuk hasil maksimal.

3. Cuka Apel: Dengan kandungan antimikroba dan antibakteri, cuka apel dapat membantu mengobati cantengan. Cukup celupkan kapas ke dalam cuka apel dan tempelkan pada bagian kaki yang terkena cantengan. Pengobatan ini mungkin menimbulkan bau tidak sedap, tetapi itu adalah tanda bahwa proses pengobatan sedang berlangsung.

4. Merendam Kaki dengan Air Hangat: Merendam kaki dengan air hangat tidak hanya membantu menjaga kebersihan kaki dari infeksi, tetapi juga dapat membantu meredakan gejala cantengan.

5. Madu: Madu manuka memiliki efek antiradang dan antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan cantengan. Oleskan madu pada area yang terkena cantengan dan balut dengan kain kasa. Lakukan dua hingga tiga kali sehari secara rutin.

6. Air Lemon dan Garam: Rendam kaki dalam campuran air hangat, garam epsom, dan perasan air lemon. Lakukan beberapa kali dalam seminggu untuk membantu meredakan infeksi.

Jika gejala cantengan tidak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Ingatlah bahwa perawatan yang tepat dan konsisten diperlukan untuk memastikan kesembuhan yang optimal dari cantengan. (*/red)