Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Tumbuhan Ajaib Handeleum Bagi Kesehatan

Handeleum.
TUMBUHAN
yang sering dianggap sebagai daun ambeien, atau lebih dikenal dengan nama daun ungu, ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Tumbuhan ini, dikenal dengan nama Handeleum di daerah Jawa Barat dan Daun Ungu di daerah lain, telah dipercaya sejak zaman dahulu mampu mengobati ambeien atau wasir.


1. Mengatasi Wasir atau Ambeien

Daun ungu telah terkenal karena khasiatnya dalam mengobati wasir atau ambeien. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan meminum air rebusan daun ungu. Air rebusan ini membantu mengurangi gejala wasir seperti nyeri, perdarahan, dan panas pada area anus. Kandungan flavonoid dan tanin dalam daun ungu berperan sebagai anti radang, sehingga dapat mengurangi gejala perdarahan dan nyeri yang sering terjadi pada wasir.

2. Mengatasi Sembelit

Selain untuk mengobati wasir, daun ungu juga bermanfaat dalam mengatasi masalah sembelit atau konstipasi. Serat laksatif yang terkandung dalam daun ini dapat merangsang kontraksi usus dan memudahkan gerakan feses keluar, sehingga membantu mengatasi sembelit.

3. Mencegah Kerusakan Ginjal

Daun ungu memiliki potensi untuk melindungi ginjal dari kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu. Kandungan flavonoid dalam daun ungu dapat menangkal radikal bebas, yang merupakan penyebab utama kerusakan ginjal. Meskipun demikian, daun ungu tidak dapat diandalkan sebagai satu-satunya solusi herbal untuk masalah ginjal.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kemampuan daun ungu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga patut diperhitungkan. Kandungan steroid berupa fitosterol pada daun ungu dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan, serta serat dalam daun ini membantu mengikat kolesterol dan membuangnya melalui feses.

5. Mengatasi Rematik

Untuk mengatasi rematik, daun ungu dapat dioleskan pada area tubuh yang terkena rematik atau diminum sebagai air rebusan. Kandungan aktif dalam daun ungu membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada sendi yang terkena rematik.

6. Melancarkan Haid

Daun ungu juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan menstruasi yang tidak teratur atau tidak lancar. Konsumsi air rebusan daun ungu beberapa hari sebelum menstruasi dapat membantu melancarkan haid dan mengurangi nyeri menstruasi.

7. Melancarkan Persalinan

Penelitian pada tikus betina menunjukkan bahwa ekstrak daun ungu memiliki aktivitas oksitosik yang dapat merangsang kontraksi pada rahim, sehingga membantu dalam proses persalinan. Namun, penggunaannya sebelum kehamilan juga dapat berperan sebagai kontrasepsi alami.

8. Mencegah dan Mengatasi Plak Gigi

Manfaat daun ungu tidak hanya terbatas pada kesehatan dalam tubuh, tetapi juga untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ekstrak daun ungu telah terbukti dapat melawan bakteri penyebab plak gigi, sehingga membantu mencegah terbentuknya plak gigi. (*/red)