Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salurkan Bantuan Beras untuk Korban Kebakaran di Desa Batu Pance

Penyaluran bantuan pangan untuk korban kebakaran di Desa Batupanceh, Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (12/2/2024). Foto: dok/ist
DINAS Ketahanan Pangan (Ketapang) Empat Lawang menyalurkan bantuan berupa beras kepada korban kebakaran yang terjadi di Desa Batu Pance, Kecamatan Tebing Tinggi. Diketahui musibah kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu tersebut menghanguskan lima rumah yang berada di depan SMPN setempat.

Bantuan diserahkan Kepala Dinas Ketapang Empat Lawang, Noperman Subhi kepada Sapardinajoli, selaku Camat Tebing Tinggi, yang didampingi oleh Agung Saputra, selaku Kepala Desa Batu Pance, pada Senin (12/2/2024). 

Turut hadir dalam penyerahan bantuan Fafif Fortuna, Kepala Bidang Distribusi Dinas Ketapang Empat Lawang, yang bertanggung jawab langsung atas bantuan tersebut.

"Bantuan ini kami ambil dari stok cadangan pangan pemerintah daerah Empat Lawang yang dititipkan di gudang Bulog regional Lahat. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terkena musibah," ujar Noperman.

Adapun keluarga yang menerima bantuan adalah penghuni tiga rumah yang rusak berat dan dua rumah yang rusak ringan akibat kebakaran. 

Mereka adalah Sugiarti, Dede, Leo Candra/Anggun, Diki/Yuli Rike, dan Ujang. Masing-masing keluarga mendapatkan bantuan beras sebanyak 342,28 kg, yang dihitung berdasarkan jumlah jiwa sebanyak 19 orang dikalikan dengan 0,3 kg per hari selama 60 hari.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Dinas Ketapang Empat Lawang. Ini sangat membantu kami yang kehilangan tempat tinggal dan sumber penghasilan akibat kebakaran. Kami berharap pemerintah daerah dapat memberikan bantuan lainnya, seperti perbaikan rumah dan fasilitas umum," kata Sugiarti, salah satu korban kebakaran.

Fafif Fortuna mengatakan bahwa Dinas Ketapang Empat Lawang siap membantu masyarakat yang mengalami musibah, baik kebakaran maupun bencana alam lainnya. Ia mengimbau masyarakat untuk segera melapor ke dinas terkait jika membutuhkan bantuan.

"Silakan siapa saja yang mengalami musibah seperti kebakaran dan akibat musibah alam melapor ke kami agar bisa dibantu melalui cadangan pangan milik kita. Kami akan segera menindaklanjuti laporan tersebut dan menyalurkan bantuan sesuai dengan kebutuhan," tegasnya.

Sementara itu, Camat Tebing Tinggi mengapresiasi kinerja Dinas Ketapang Empat Lawang yang cepat merespons musibah kebakaran di Desa Batu Pance. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Batu Pance yang proaktif melaporkan kejadian tersebut dan menjemput bantuan ke Lahat bersama staf Dinas Ketapang Empat Lawang.

"Kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Dinas Ketapang Empat Lawang. Ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah peduli dengan nasib masyarakat yang tertimpa musibah. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya. (*)