Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pohon Tumbang Timpa Tiang Listrik, Sejumlah Desa di Empat Lawang Gelap Gulita

Tiang listrik di Empat Lawang, patah dihatam pohon tumbang, Sabtu (3/2/2024). Foto: dok/Mangoci4lawang Post.
SEBUAH insiden tidak terduga terjadi di daerah Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, pada hari Sabtu, 3 Februari 2024. 

Sebuah tiang listrik milik PLN patah akibat tertimpa pohon tumbang yang roboh karena cuaca ekstrim. Lokasinya tepat di jalan lintas provinsi Desa Ulak Mengkudu, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

Akibat kejadian ini, sejumlah desa di Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Talang Padang mengalami pemadaman listrik yang mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat di wilayah tersebut. 

Desa-desa yang terdampak antara lain Desa Ulak Mengkudu, Desa Ujung Alih, Kecamatan Tebing Tinggi, Desa Ulak Dabok, Desa Remantai, Desa Cangguh, dan Kembahang di Kecamatan Talang Padang serta sekitarnya.

Manager ULP PLN Rayon Tebing Tinggi, Dedi Setiawan, menjelaskan bahwa kejadian ini dipicu oleh cuaca ekstrim yang melanda Kabupaten Empat Lawang dan sekitarnya. 

"Pada pukul 16.40 sore (Sabtu, 3/2/2024), pohon tumbang menimpa tiang listrik, menyebabkan kerusakan dan pemadaman listrik di sejumlah desa. Kami langsung berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penanganan cepat," kata Dedi.

Dedi menambahkan bahwa pihak PLN berusaha semaksimal mungkin untuk memulihkan pasokan listrik di daerah tersebut. "Diusahakan secepatnya, material lengkap. Jika tidak ada kendala, jam 12 malam ini sudah menyala," ungkapnya.

Pihak PLN berharap agar warga di wilayah terdampak dapat memahami situasi ini dan bersabar selama proses pemulihan sedang dilakukan. (*)