Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Pemilih di Empat Lawang Melonjak 28 Persen untuk Pemilu 2024

Ketua KPU Empat Lawang, Eskan Budiman. Foto: dok/ist.
JUMLAH pemilih di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, mengalami kenaikan yang cukup signifikan untuk Pemilu 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 257.353 orang, naik sekitar 28 persen dari Pemilu 2019 yang hanya 200.000 orang.

Ketua KPU Empat Lawang, Eskan Budiman, mengatakan bahwa peningkatan jumlah pemilih ini menunjukkan antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi. Ia juga menjelaskan bahwa penambahan DPT ini tersebar di seluruh kecamatan dan desa yang ada di kabupaten ini.

"Ada lebih kurang penambahan sekitar 50 ribuan DPT kita dan itu tersebar di seluruh kecamatan, desa yang ada di Kabupaten Empat Lawang. Ini menunjukkan bahwa masyarakat kita semakin sadar akan pentingnya menggunakan hak pilihnya," ujar Eskan Budiman kepada wartawan, pada Selasa (6/2/2024).

Sementara itu, untuk jumlah daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK), KPU Empat Lawang masih belum dapat memberikan rincian secara pasti karena masih dalam proses penghitungan. 

Eskan Budiman mengatakan bahwa layanan pindah pemilih akan berakhir pada Rabu (7/2/2024) dan proses penghitungan untuk DPK juga masih berlangsung hingga esok hari.

DPTb merupakan layanan pindah pemilih bagi pemilih yang sudah terdaftar di DPT tetapi tidak dapat melakukan pemilihan pada TPS asal karena berbagai alasan. Sedangkan DPK adalah warga yang tidak terdaftar pada DPT dan DPTb tetapi secara hukum memiliki hak untuk memilih.

Dengan penambahan signifikan jumlah pemilih, KPU Empat Lawang menegaskan kesiapannya untuk menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan baik dan memastikan hak pilih semua warga terpenuhi. 

KPU Empat Lawang juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk datang ke TPS pada hari pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

"Kami berharap masyarakat Empat Lawang dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan sesuai dengan hati nurani. Kami juga mengajak masyarakat untuk menjaga situasi yang kondusif dan damai selama proses pemilu berlangsung," tutup Eskan Budiman. (*)