Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Menjadi Dokter? Yuk Cari Tahu Biaya Kuliah Termurah Tiga Universitas Negeri di Sumatera Berikut!

Ilustrasi Kuliah Kedokteran
CALON mahasiswa yang berada di Sumatera dan memiliki minat menempuh pendidikan di Jurusan Kedokteran memiliki beberapa pilihan universitas yang bisa dipertimbangkan. 

Antara lain Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Universitas Negeri Padang (UNP), dan Universitas Andalas (Unand) di Padang, Sumatera Barat.

Lalu, berapa biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan uang pangkal jika ingin kuliah kedokteran di tiga universtas tersebut? Yuk kita bahas!

1. Universitas Sumatera Utara (USU)

Di USU, biaya kuliah untuk Jurusan Kedokteran terbagi berdasarkan jalur masuk. 

Bagi calon mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), biaya kuliahnya terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibagi menjadi 8 kelompok dengan rentang biaya mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 10 juta per semester. 

Sedangkan untuk jalur mandiri, biaya kuliah terdiri dari uang kuliah tunggal sebesar Rp 29 juta per semester dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau uang pangkal sebesar Rp 75 juta.

2. Universitas Negeri Padang (UNP)

UNP baru membuka Jurusan Kedokteran pada tahun akademik 2023/2024 untuk jalur mandiri. 

Biaya kuliah di UNP terdiri dari Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp 75 juta dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp 12,5 juta per semester.

3. Universitas Andalas (Unand)

Di Unand, biaya kuliah untuk Jurusan Kedokteran juga berbeda berdasarkan jalur masuk. 

Bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNBP dan SNBT, biaya kuliah terdiri dari biaya kuliah tunggal per semester sebesar Rp 25.388.002 dengan UKT yang dibagi menjadi 7 kelompok dengan rentang biaya mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 12 juta. 

Sedangkan untuk jalur mandiri, biaya kuliah terdiri dari Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sebesar Rp 14.500.000 per semester dan Biaya Pengembangan Institusi (PI) atau uang pangkal sebesar Rp 100.000.000.

Informasi mengenai biaya kuliah di USU, UNP, dan Unand tersebut dilansir dari berbagai sumber, dan dapat menjadi panduan bagi calon mahasiswa yang berencana menempuh pendidikan di Jurusan Kedokteran di tiga PTN tersebut. 

Dengan mempertimbangkan biaya kuliah serta jalur masuk yang sesuai, calon mahasiswa dapat membuat keputusan yang tepat dalam mengejar cita-cita mereka di bidang kedokteran. (*/red)