Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BPBD Empat Lawang Optimis Pembangunan Pasca Bencana di Paiker Terealisasi Tahun Ini

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Harry Pratama. Foto: dok/Mangoci4lawang Post
PEMBANGUNAN pasca bencana di Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Kabupaten Empat Lawang, masih terkendala oleh revisi peraturan menteri keuangan. Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat optimis bahwa proyek tersebut akan terealisasi pada tahun ini.

Kepala BPBD Empat Lawang, Sahrial Podril, melalui Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Harry Pratama, mengatakan, pihaknya telah mengajukan proposal pembangunan pasca bencana ke pemerintah pusat sejak tahun 2021. Proposal tersebut mencakup enam kegiatan pembangunan di Paiker, yang meliputi konstruksi tembok penahan, jembatan, dan jalan.

"Kami sudah mengajukan proposal sejak tahun 2021, tapi masih menunggu revisi peraturan menteri keuangan. Proyek ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), alokasi hibah. Kami berharap tahun ini bisa turun," kata Harry, Selasa (30/1/2024).

Harry menjelaskan, pembangunan pasca bencana di Paiker sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisi infrastruktur yang rusak akibat bencana alam yang terjadi beberapa tahun lalu. Bencana tersebut meliputi banjir, tanah longsor, dan gempa bumi, yang mengakibatkan kerusakan pada rumah, fasilitas umum, dan lahan pertanian.

"Kami ingin segera membangun kembali infrastruktur di Paiker, agar masyarakat bisa beraktivitas dengan normal. Kami juga ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani, yang terdampak bencana," ujar Harry.

Hingga saat ini, BPBD Empat Lawang masih menunggu penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementrian Keuangan. Harry mengaku belum dapat memastikan kapan persisnya dana tersebut akan turun, namun ia optimis bahwa pembangunan pasca bencana di Paiker akan dilaksanakan pada tahun ini.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, dan kami mendapat informasi bahwa MoU akan segera ditandatangani. Kami berharap tidak ada halangan lagi, dan kami bisa segera melaksanakan proyek ini. Kami yakin pembangunan pasca bencana di Paiker akan selesai tahun ini," pungkas Harry. (*)