Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banjir Melanda Desa Lawang Agung, Pj Bupati Empat Lawang Tinjau Lokasi

Pj Bupati Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin dan Pj Ketua TP-PKK, Tuti Komariah turut meninjau langsung lokasi bencana pada Selasa, 9 Januari 2024. Foto: dok/ist.
HUJAN
lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, pada Senin, 8 Januari 2024, menyebabkan banjir di desa Lawang Agung. Banjir ini mengakibatkan air sungai Kesik meluap dan membanjiri areal persawahan, rumah warga, dan wilayah sekitar.

Banjir ini berdampak pada seluruh lapisan masyarakat di desa Lawang Agung. Aktivitas sehari-hari terhenti, anak-anak tidak dapat bersekolah, dan warga terus bersiap menghadapi potensi kenaikan air. Meskipun tidak ada korban jiwa, dampak kerugian cukup signifikan, termasuk rusaknya 1 unit plat duiker, persawahan yang siap panen dan baru ditanam, serta terendamnya 34 rumah.

Pj Bupati Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin dan Pj Ketua TP-PKK, Tuti Komariah turut meninjau langsung lokasi bencana pada Selasa, 9 Januari 2024. Mereka menyampaikan rasa prihatin dan empati kepada warga yang terdampak banjir. Mereka juga memberikan bantuan tanggap darurat awal berupa sembako dari BPBD dan Dinas Sosial.

Pj Bupati Fauzan Khoiri mengatakan bahwa pemerintah daerah akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menangani bencana ini. Langkah-langkah berikutnya akan dikaji lebih lanjut. Terkait dengan infrastruktur yang rusak, Dinas PUPR akan melakukan pendataan, sementara Dinas Pertanian diminta untuk mencari solusi terkait kerusakan persawahan.

"Kami akan terus berupaya memberikan bantuan dan pemulihan kepada warga yang terdampak banjir," ujar Pj Bupati.

Meskipun cuaca kini mendung dan air surut, masyarakat Lawang Agung masih menghadapi dampak serius dari bencana ini. Pemerintah setempat terus bekerja keras untuk memberikan bantuan dan pemulihan, sambil berjalan mengikuti perkembangan keadaan. (*)