Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sahur!!, Lima Unit Rumah Warga Hangus Terbakar, Dua Unit Rusak Berat

 

Musibah kebakaran di Desa Muara Karang, Kecamatan Pendopo, Empat Lawang Jumat (31/3) dini hari. Foto: Istimewa
Musibah kebakaran di Desa Muara Karang, Kecamatan Pendopo, Empat Lawang Jumat (31/3) dini hari. Foto: Istimewa

LIMA unit rumah di Desa Desa Muara Karang, Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, terbakar dalam musibah kebakaran di desa itu, Jum'at (31/3/2023) dini hari sekitar jam 3.00 WIB.

Musibah pada waktu sahur tersebut, mengagetkan warga yang ada di seluruh desa itu, hingga mereka terpaksa tidak bersantap sahur, karena harus berjibaku memadamkan api yang sudah terlanjur membesar menghanguskan rumah warga.

Meski warga sudah berjibaku memadamkan api, namun api dengan begitu cepat merambat dari satu rumah ke rumah lainnya yang mayoritas rumah panggung terbuat dari kayu, hingga menghabiskan lima unit rumah.

Warga yang semakin panik berusaha memadamkan api sembari mengeluarkan barang-barang berharga yang masih bisa diselamatkan.

Upaya pemadaman kebakaran itu, akhirnya mendapat bantuan dari Tim Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Kecamatan Pendopo, yang datang ke lokasi, setelah memdapat laporan dari masyarakat.

Kebakaran baru dapat dikendalikan, setelah salah satu unit rumah yang terlanjur terbakar dirobohkan dan merusak rumah yang ada di sisi rumah yang dirobohkan untuk mencegah merembetnya api ke bangunan lain.

Camat Pendopo, Sapardina Joli menyampaikan, api muncul sekira pukul 3.00 WIB dini hari atau waktu sahur.

"Total ada 5 rumah yang terdampak tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran ini," katanya.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Empat Lawang, Evi Ferilina Susanti mengatakan, walaupun tidak memakan korban jiwa, namun kebakaran tersebut menyebabkan kerugian hingga Rp800 juta.

“Sekitar pukul 04.36 personel piket mendapatkan telepon mengatakan ada api di rumah warga, mendengar info itu petugas damkar yg sedang piket atau jaga,” ucap Evi.

Sambungnya, petugas damkar langsung meluncur ke TKK (Tempat Kejadian Kebakaran) sesampainya di TKK, api masih dalam kondisi menyala dan petugas langsung melakukan pemadaman api dibantu oleh warga, serta api dapat di kuasai sekitar pukul 5.47 WIB dan langsung di lakukan pendinginan.

Ditambahkannya, Armada yang turun ke lapangan, 2 Unit Armada Zona Pendopo dan Armada Zona Muara Pinang serta 1 Unit Armada Zona Ulu Musi namun mengalami kendala teknis di perjalanan menuju TKK. **