Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bantuan Berdatangan ke Lokasi Kebakaran Muara Karang

 

Polres Empat Lawang memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Desa Muara Karang Kecamatan Pendopo, Jumat (31/3/2023). Foto: Istimewa

MUSIBAH kebakaran yang terjadi di Desa Muara Karang Kecamatan Pendopo, Jumat (31/3/2023) dini hari, menggugah semua pihak untuk datang membantu para korban kebakaran.

Bantuan tanggap darurat pertama datang dari Polres Empat Lawang. Mereka datamga memberikan bantuan kepada korban kebakan yang terjadi di desa itu, melalui Polsek Pendopo Empat Lawang.

Kapolres Empat Lawang AKBP Helda Prayitno melalui Kapolsek Pendopo, AKP Gunawan mengatakan, rumah warga yang terbakar terdata 7 buah diantaranya 5 rumah hangus terbakar, 1 rumah rusak berat dan 1 rumah rusak ringan.

Bantuan yang diberikan untuk korban terdampak kebakaran antara lain sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Gunawan merasa prihatin dengan peristiwa kebakaran yang melanda Desa Muara Karang, Beliau berharap melalui bantuan ini dapat sedikit meringankan beban korban kebakaran

“Kami tentu ikut prihatin atas kejadian ini. Semoga kejadian ini bisa kita lalui dengan segera dan keadaan bisa cepat pulih kembali,” ujar Kapolsek.

Sementara, bantuan juga datang dari dari Satlantas Polres Empat Lawang, melalu program Polantas Peduli, mereka datang memberikan bantuan.

Kasatlantas, AKP Desi Azhari saat memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Desa Muara Karang, Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, Jumat (31/3/2023). Foto: Istimewa.

Kasat Lantas Polres Empat Lawang, AKP Desi Azhari mengatakan, program Polantas Peduli merupakan salah satu inovasi dari Satlantas Polres Empat Lawang dalam bidang sosial.

Adanya peristiwa kebakaran di Kabupaten Empat Lawang ini kata dia, menggugah pihaknya untuk ikut memberikan bantuan kepada para korban kebakaran 

Disampaikannya, bantuan yang diberikan berupa bahan pokok seperti beras, minyak sayur, telur serta mi instan, karena hal tersebut yang memang sangat dibutuhkan bagi korban yang rumahnya ludes terbakar. 

”Pemberian bantuan ini merupakan wujud kepedulian kita kepada korban kebakaran. Semoga apa yang kita berikan dapat bermanfaat bagi korban kebakaran di Desa muara karang Kecamatan pendopo," harapnya.

Pada kesempatan itu, Kasat juga menyampaikan ucapan duka mendalam untuk keluarga yang baru saja terkena musibah kebakaran.

"Kami turut prihatin atas kejadian kebakaran ini, semoga ahli musibah tetap sabar dan ikhlas, atas musibah tersebut," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Saerah (Sekda) Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin mengharapkan adanya partisipasi dari semua lapisan masyarakat di Empat Lawang, untuk meringankan beban para korban kebakaran di Desa Muara Karang Kecamatan Pendopo, Empat Lawang.

Sekda Fauzan Khoiri Denin saat menyampaikan bantuan tanggap darurat kepada para korban kebakaran di Desa Muara Karang Kecamatan Pendopo, Empat Lawang, Kamis (31/3/2024). Foto: Istimewa

Ajakan tersebut disampaikan Sekda Fauzan Khoiri Denin saat menyampaikan bantuan tanggap darurat dari Pemerintah Daerah (Pemda) Empat Lawang, kepada para korban kebakaran di Desa Muara Karang Kecamatan Pendopo, Empat Lawang.

"Untuk mengurangi beban duka dari keluarga yang berduka kita dari pihak pemerintah sangat berharap semua bisa berpartisipasi untuk bergotongroyong, tolong-menolong membantu mereka yang berduka," harap Sekda.

Dengan begitu, sambung Sekda, duka yang dirasakan para korban kebakaran itu diharapkan dapat sedikit terobati dan tidak lagi merasakan kedukaan berkepanjangan.

Pada kesempatan ini sambung Sekda, dirinya menyampaikan bantuan dalam bentuk paket sembako, kemudian ada tempat tidur, dan pakaian. Ada juga dari pihak kepolisian kemudian ada dari BAZNAS berupa uang tunai sebesar Rp5 juta.

"Harapannya untuk bantuan yang diberikan itu akan bermanfaat untuk keluarga yang menjadi  korban kebakaran," ucapnya.

Lebih lanjut Sekda berpesan, agar para korban kebakaran dapat bersabar dan ikhlas menghadapi musibah yang telah terjadi ini.

"Tetap bersabar dan ikhlas sembari kita berupaya mencari bantuan bantuan dari pihak lain," imbuhnya.**