Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asyik!!, Gaji Satpol PP Desa Bakal Naik


EMPAT LAWANG -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, berencana menaikan gaji anggota Satuan Poliisi Pamong Praja yang ditempatkan di desa-desa (Satpol PP Desa), pada tahun anggaran 2022 mendatang.


Selain menaikan gaji, Pemkab Empat Lawang juga berencana meningkatkan profesionalitas dan kwalitas anggota Satpol PP Desa dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada seluruh anggota Satpol PP Desa yang bertugas di seluruh wilayah Kabupaten Empat Lawang.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengatakan, Satpol PP Desa merupakan produk inovasi daerah yang berkaitan dengan janji politik dia kepada masyarakat Kabupaten Empat Lawang, untuk menciptakan rasa aman di tengah masyarakat.

"Pembentukan Satpol PP Desa adalah program inovasi berkaitan dengan janji kampanye. Para anggota Satpol PP Desa kita angkat dari orang-orang yang dinilai mampu mengamankan desa, tidak peduli latar belakang pendidkannya apa," jelas Joncik.

Disampaikannya, Pemkab Empat Lawang kedepannya akan meningkatkan pendataan manajemen, uniform (seragam), tanggung jawab akan jam kerja, dan kewajiban yang melekat pada anggota Satpol PP Desa.

"Insya Allah tahun depan gaji mereka akan saya naikan walau tidak besar, sbagai bentuk reward. Tapi tetap sesuai dengan absen dan tanggung jawab mereka," ungkap Joncik.

Untuk peningkatan keahlian anggota Satpol PP Desa, Joncik mengaku sudah berkonsultasi dengan Kapolres Empat Lawang, terkait rencana pelatihan dasar bagi anggota Satpol PP Desa. Bentuk pelatihan akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu anggota Satpol PP Desa tersebut.

"Paling tidak, tujuan dari pelatihan itu untuk meningkatkan kedisiplinan mereka. Karena, mereka menyandang status pengamanan di desa, jadi nanti akan ada pelatihan namun tetap diperhatikan kondisi umur anggota dan tidak bisa disamaratakan bentuk pelatihannya," paparnya.

Hal ini sambung Joncik, karena ada beberapa anggota Satpol PP Desa itu sudah cukup berumur. Namun karena kejawaraannya dan dinilai mampu mengamankan wilayahnya, tetap direkrut agar tercipta keamanan di Empat Lawang.

"Untuk pos nanti kita siapkan, apa lewat dana desa karena Permendes sudah membolehkan hal itu, atau pakai APBD murni sehingga mereka bisa nyaman dalam bekerja kalau posnya sudah bagus. Harapan kedepan Empat Lawang akan selalu aman," tandasnya. (frz)