Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 Kabupaten Empat Lawang Berakhir

Rapat Pleno KPU Kabupaten Empat Lawang. Foto: dok/Mangoci4lawang Post
RAPAT Pleno Terbuka untuk rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tingkat Kabupaten Empat Lawang telah sukses digelar. 

Pelaksanaannya yang dimulai pada tanggal 29 Februari dan berlangsung hingga 1 Maret merupakan salah satu yang tercepat di Indonesia, hanya dalam waktu 2 hari untuk menyelesaikan penghitungan suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang, Eskan Budiman S.Pd, menyampaikan rasa syukurnya atas kelancaran rekapitulasi perolehan suara ini. 

"Alhamdulillah, atas bantuan dari semua pihak, kita hari ini telah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten Empat Lawang untuk Pemilu tahun 2024," ungkapnya kepada awak media pada Jumat, 1 Maret 2024.

"Dari 10 Kecamatan yang ada, telah kita selesaikan, termasuk semua jenis Pemilu seperti Pemilihan Presiden, DPR, dan DPD," tambahnya.

KPU Kabupaten Empat Lawang akan melanjutkan proses dengan mengirimkan D-Hasil ke KPU Provinsi setelah selesai diproses. Selanjutnya, KPU Empat Lawang juga akan berpartisipasi dalam proses rekapitulasi tingkat Provinsi di KPU Provinsi Sumatera Selatan.

"Evaluasi administratif sedang kami proses, dan kami berharap pengumuman hasil Pemilu untuk tingkat Kabupaten Empat Lawang dapat segera diakses oleh masyarakat umum," terangnya.

Mengenai sanggahan dari saksi partai politik (parpol), Eskan mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengakomodir beberapa sanggahan dan memberikan penjelasan serta klarifikasi kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bersangkutan.

"Kami akan melakukan pembetulan apabila terdapat kesalahan, dan jika tidak ada kesepakatan dari kedua belah pihak, kami mendorong saksi untuk mengisi form D-Kejadian Khusus atau D-Keberatan Saksi," jelasnya. (*/red)