Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Perguruan Tinggi Pilihan Untuk Masuk Jalur SMMPTN-Barat 2024, Sekarang Telah Dibuka!

Ilustrasi.
PERGURUAN Tinggi Negeri (PTN) kini membuka peluang emas bagi para calon mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium Wilayah Barat 2024 (SMMPTN-Barat 2024). 

Dengan adanya ketentuan dari Permendikbudristek, peluang masuk ke PTN semakin terbuka lebar dengan tiga jalur masuk yang tersedia: Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Ketua Badan Kerja Sama PTN Wilayah Barat (BKSPTN Barat), Muryanto Amin, menegaskan bahwa terdapat 25 PTN yang siap dipilih oleh calon mahasiswa di SMMPTN-Barat. 

Ini merupakan peluang berharga bagi mereka yang memiliki prestasi dan komitmen kuat untuk belajar di PTN yang diinginkan.

Proses Pendaftaran dan Jadwal Ujian

Pendaftaran SMMPTN-Barat 2024 dibuka mulai tanggal 4 Mei 2024 dan ditutup pada 20 Juni 2024. Setiap calon mahasiswa akan diberikan ID bayar setelah melakukan pembayaran sebelum tanggal penutupan. 

Adapun biaya registrasi sebesar Rp375.000, yang dapat dilakukan secara online melalui bank mitra yang telah ditunjuk.

Jadwal ujian direncanakan berlangsung dari tanggal 27 Juni hingga 5 Juli 2024. Setiap peserta akan mendapatkan jadwal ujian sesuai dengan pusat UTBK yang dipilih, dengan kewajiban memilih satu program studi untuk diikuti.

Keuntungan dan Persyaratan Peserta

Peserta yang bisa mendaftar adalah alumni SMA yang belum lulus SNBP dan SNBT, serta alumni SMA yang belum memiliki akun SNPMB. Mereka dapat memilih hingga 4 program studi tanpa batasan antara prodi akademik dan vokasi. 

Seleksi dilakukan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau Computer Assisted Test (CAT), dengan penambahan penilaian berupa portofolio untuk prodi seni dan olahraga.

Rektor Universitas Bangka Belitung, Ibrahim, menambahkan bahwa keuntungan bergabung dengan SMMPTN-Barat adalah tidak adanya keharusan memiliki akun SNPMB, memilih hingga 4 prodi, dan pilihan PTN yang beragam, mulai dari PTN umum, PTN seni, hingga PTN agama.

Dengan peluang ini, para calon mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes SMMPTN-Barat. Dengan komitmen dan usaha yang sungguh-sungguh, pintu masuk ke perguruan tinggi impian pun akan semakin terbuka lebar.

Untuk tahun 2024 ini PTN yang tergabung di dalam konsorsium BKS-PTN Barat berasal dari wilayah Sumatera, Jawa Bagian Barat, dan Kalimantan Tengah itu, baik PTN umum, PTN seni, dan PTN agama berjumlah 25 PTN. 

Adapun ke-25 PTN yang tergabung adalah : 

1. Universitas Syiah Kuala 
2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 
3. Universitas Bengkulu 
4. Universitas Jambi 
5. Institut Seni Indonesia Padangpanjang 
6. Universitas Palangka Raya 
7. Universitas Malikussaleh
8. Universitas Maritim Raja Ali Haji 
9. Universitas Bangka Belitung 
10. Universitas Teuku Umar 
11. Institut Teknologi Sumatera 
12. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh 
13. Universitas Samudra 
14. Universitas Riau 
15. Universitas Siliwangi 
16. Universitas Sumatera Utara 
17. Universitas Andalas 
18. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 
19. Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
20. Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan 
21. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung 
22. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta 
23. Universitas Singaperbangsa Karawang 
24. UIN Imam Bonjol Padang 
25. Universitas Negeri Padang
(*/red)