Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Ada Lagi Kampanye di Empat Lawang, Peserta Pemilu Diminta Patuhi Masa Tenang

Pemilu 2024.
MASA kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 telah resmi berakhir pada Sabtu (10/2) malam. Kini, peserta maupun pemilih memasuki masa tenang yang berlangsung selama tiga hari, sebelum hari pencoblosan pada Rabu (14/2/2024).

Selama masa tenang ini, tidak ada lagi aktivitas kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu, baik itu partai politik, calon legislatif, maupun tim pemenangan capres-cawapres. Selain itu, mereka juga harus membersihkan segala alat peraga kampanye (APK) yang telah dipasang sebelumnya.

Di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, peserta pemilu tampak telah mematuhi aturan tersebut. Sejak Minggu (11/2/2024) pagi, baliho, spanduk, poster, stiker, dan APK lainnya mulai dilepas dari tempat-tempat strategis.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang, Eskan Budiman S.Pd, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh peserta pemilu. Ia mengatakan, hal ini menunjukkan kesadaran dan tanggung jawab mereka terhadap penyelenggaraan pemilu yang demokratis dan berintegritas.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua peserta pemilu yang telah membersihkan APK mereka sendiri. Ini membantu kami dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, serta menghindari potensi pelanggaran pemilu," kata Eskan kepada wartawan, Minggu (11/2/2024).

Eskan menambahkan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan peserta pemilu pada Sabtu (10/2) sore, untuk membahas tentang pembersihan APK. Ia mengingatkan, bahwa APK yang tidak dibersihkan akan ditindaklanjuti oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat.

"Kami sudah menyampaikan himbauan agar peserta pemilu membersihkan APK mereka sebelum masa tenang. Jika ada yang masih terpasang, kami akan melaporkannya ke Panwaslu untuk ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Eskan berharap, dengan masuknya masa tenang ini, peserta dan pemilih dapat menyiapkan diri dengan baik untuk mengikuti pesta demokrasi yang akan digelar pada Rabu (14/2/2024) mendatang. Ia mengajak seluruh masyarakat Empat Lawang untuk menggunakan hak pilihnya dengan cerdas dan bijaksana.

"Marilah kita sukseskan pemilu 2024 ini dengan damai, aman, dan lancar. Jangan golput, jangan terpengaruh oleh isu-isu negatif, dan jangan terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu jalannya pemilu. Mari kita tunjukkan bahwa kita adalah rakyat yang cinta demokrasi," pungkasnya. (*)