Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ratusan Personel Polres Empat Lawang Amankan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024

Kapolres Empat Lawang AKBP Dody Surya Putra memantau pengamanan pleno KPU Empat Lawang, Kamis (29/2/2024). Foto: dok/Mangoci4lawamg Post
POLRES Empat Lawang melaksanakan pengamanan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil Pemilihan Umum Tahun 2024 tingkat Kabupaten Empat Lawang, Kamis (29/2/2024). Rapat pleno terbuka ini bertujuan untuk menetapkan perolehan suara para calon Presiden dan Wakil Presiden, serta calon anggota legislatif (caleg) di Kabupaten Empat Lawang.

Kegiatan pengamanan ini diawali dengan apel persiapan yang dilaksanakan di halaman Polres Empat Lawang. Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Empat Lawang AKBP Dody Surya Putra. Dalam arahannya, Kapolres mengatakan bahwa pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kegiatan rapat pleno terbuka berjalan aman dan lancar.

"Mulai hari ini kita akan melaksanakan pengamanan rapat pleno terbuka penghitungan perolehan suara Pemilu tahun 2024 guna menjamin seluruh tahapan pemilu di Kabupaten Empat Lawang berjalan dengan aman," ujar Kapolres.

Kapolres juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Empat Lawang dan seluruh simpatisan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, simpatisan para caleg agar mari bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas saat pelaksanaan pleno tingkat KPU Kabupaten Empat Lawang.

"Kita sebagai warga negara yang baik hendaknya dapat bersinergi menjaga keamanan dan rasa damai pada pemilu tahun 2024 ini," tandasnya.

Dalam pengamanan ini, Polres Empat Lawang menerjunkan total 214 personel, 1 (Satu) Kompi BKO Brimob Polda Sumsel, Dishub dan Pol PP yang dibagi 3 ring. Ring satu berada di depan KPUD Empat Lawang, ring dua seputar jalan areal KPUD dan ring tiga melakukan penyekatan jalan Nurdin Panji.

Menurut Kapolres, personel pengamanan dibagi dalam beberapa ring, ada yang melaksanakan pengamanan terbuka dan pengamanan tertutup dan penyekatan.

"Harapannya agar seluruh personel yang melaksanakan pengamanan dapat memahami tugasnya dan dengan baik dan benar sesuai SOP kepolisian," ucapnya.
Suasana seremonial pembukaan acara pleno KPU Empat Lawang di depan Kantor KPU Empat Lawang, Kamis (29/2/2024). Foto: Mangoci4lawang Post.
Setelah apel persiapan, Kapolres Empat Lawang didampingi Wakapolres dan Kabag Ops langsung mengecek para personel yang sedang melakukan pengamanan rapat pleno terbuka di kantor KPUD Empat Lawang. Kapolres mengatakan, pengecekan ini dilakukan untuk memastikan para personel menjaga keamanan saat sidang pleno berlangsung.

"Sengaja kami datang lakukan pengecekan untuk memastikan, para personel ini melakukan giat PAM tugas sebagaimana mestinya tugas mereka untuk mengamankan pleno pemilu tahun 2024 tingkat kabupaten empat lawang," terangnya.

Untuk diketahui, ratusan personel Polres Empat Lawang ini ditugaskan di beberapa titik area, diantaranya sekitar kantor KPUD juga ada yang di dalam untuk melakukan penyekatan dan pemeriksaan terhadap tamu ataupun simpatisan dari peserta pemilu tahun 2024 ini. (*/red)