Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pria Gangguan Jiwa Telanjang di Tanjung Kupang, Warga Gelisah Kepolisian Turun Tangan

Ilustrasi Penahanan.
WARGA di Tanjung Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi, Empat Lawang, Sumatera Selatan, dihebohkan dengan kehadiran seorang pria yang diduga mengalami gangguan jiwa (ODGJ). Pria tersebut, yang dikenal dengan sebutan "gondrong," menimbulkan keresahan di komplek perumahan belakang kantor Lurah Tanjung Kupang.

Menurut saksi mata, pria itu berkeliaran tanpa busana dan memperlihatkan kemaluannya di depan warga, yang menyebabkan kekhawatiran terutama di kalangan wanita. Usaha warga untuk mengamankan pria tersebut akhirnya membuahkan hasil setelah beberapa saat. Kejadian ini segera dilaporkan ke Lurah Tanjung Kupang dan selanjutnya disampaikan ke Dinas Sosial serta Polsek Tebing Tinggi.

Lurah Tanjung Kupang, Aldiwan Haira Putra menjelaskan, kejadian tersebut terjadi pada Jumat malam, tanggal 16 Februari. Setelah berhasil diamankan oleh warga dan petugas, pihak berwenang menemukan banyak senjata tajam yang dibawa oleh pria tersebut.

"Demi mencegah hal yang tidak diinginkan, ODGJ tersebut saat ini diamankan di Polsek Tebing Tinggi sambil menunggu informasi dari keluarganya. Setelah keluarganya ditemukan, kami akan mengurus KIS-nya dengan bantuan Dinsos, agar bisa direhabilitasi di Palembang," ujar Aldiwan.

Sementara itu, pria tersebut masih berada dalam tahanan karena belum ada yang bersedia menjamin jika ia dibebaskan. Pasalnya, perilakunya yang meresahkan warga, termasuk kebiasaannya mencuri di kebun warga dan melakukan tindakan tidak senonoh di depan perempuan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui identitas atau keluarga ODGJ ini untuk segera memberi informasi kepada kami," tambahnya.

Kapolsek Tebing Tinggi, AKP Fauzi Saleh, juga mengonfirmasi bahwa pria ODGJ tersebut telah diamankan. "Kami masih menunggu informasi dari pihak keluarganya dan sedang berkoordinasi dengan Dinsos untuk membawanya ke panti rehabilitasi," ungkapnya. (*/red)