Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Cabai di Empat Lawang Berangsur Turun, Kini Berkisar Rp70 Ribu - Rp85 Ribu per-Kg

Pedagang cabai di Pasar Pulau Mas Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Sabtu (24/2/2024). Foto: dok/Mangoci4lawang Post
HARGA cabai di Pasar Pulau Emas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, anjlok setelah sebelumnya sempat mencapai rekor tertinggi di Rp120 ribu per kilogram. Penurunan harga cabai ini terjadi sejak minggu lalu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kabupaten Empat Lawang, HM Taufik melalui Kabid Perdagangan, Ade Chandra menyebut, penurunan harga cabai ini disebabkan oleh berkurangnya permintaan, setelah sebelumnya mengalami lonjakan sebelum pemiihan anggota legislatif.

"Kenaikan harga cabai minggu lalu itu karena permintaan melonjak, padahal stok cabai cukup normal. Ini dipicu oleh banyaknya caleg yang melakukan aksi sedekah dengan membagikan cabai kepada masyarakat," ujar Ade Chandra, Jumat (23/2/2024).

Ade Chandra menambahkan, meskipun stok cabai tetap normal, namun mulai hari Selasa (20/2/2024) kemarin, harga cabai di Pasar Pulau Emas secara bertahap menurun, kembali ke level normal. Ia mengatakan, saat ini harga cabai di Pasar Pulau Emas berkisar antara Rp70 ribu hingga Rp85 ribu per kilogram, tergantung jenisnya.

"Alhamdulillah, situasi pasar cabai sekarang sudah stabil. Harga cabai merah keriting Rp85 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp80 ribu per kilogram, dan cabai rawit hijau Rp70 ribu per kilogram. Kami berharap harga cabai ini bisa tetap stabil dan terjangkau bagi masyarakat," tutur Ade Chandra.

Ade Chandra juga mengimbau kepada para pedagang cabai untuk tidak menaikkan harga secara sewenang-wenang, dan kepada para konsumen untuk tidak membeli cabai secara berlebihan. Ia berharap, dengan kerjasama semua pihak, harga cabai di Empat Lawang bisa tetap terkendali. (*/red)