Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Strategi Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Ilustrasi
PERGURUAN Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia masih menjadi impian utama sebagian besar calon mahasiswa. Persaingan masuk PTN menjadi sebuah tantangan bagi calon mahasiswa, apalagi untuk menuju PTN Top 10, pastinya harus berjuang lebih ekstra untuk meraihnya.

Apabila calon mahasiswa sudah memiliki tujuan PTN yang diinginkan, itu bagus. Jika belum, maka harus dibayang-bayangkan dari sekarang.

Nah jadi pertanyaannya saat ini, bagaimana mencapai tujuan untuk memperoleh satu kursi di PTN? Sebab, untuk meraih satu kursi PTN, ada yang bilang mudah dan sulit. Apalagi, sesuatu yang mudah bagimu, belum tentu mudah bagi yang lainnya.

Berikut adalah lima cara agar calon mahasiswa bisa mudah masuk PTN yang diinginkan:

1. Kenali dan Pahami Diri Sendiri: Langkah pertama adalah mengenali dan memahami diri sendiri dengan mengerti kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kita. Dari hal ini, kamu bisa memiliki patokan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat.

2. Tentukan Pilihan Jurusan yang Diinginkan dari Jauh Hari: Setelah memahami diri sendiri, kamu bisa menentukan jurusan yang diinginkan sejak jauh hari. Memilih jurusan kuliah sejak jauh hari, itu akan membuat kamu lebih fokus belajar selama di sekolah.

3. Tentukan Jalur Masuk Pilihan: Ketika calon mahasiswa memilih jalur SBMPTN, maka harus rajin belajar demi menyiapkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan mengikuti try out. Jalur SNMPTN dan SBMPTN menjadi incaran banyak calon mahasiswa karena memiliki porsi biaya kuliah yang lebih rendah dibanding jalur mandiri.

4. Cari Tahu Jurusan dan Kampus PTN yang Diincar: Mengetahui jurusan dan kampus PTN yang diincar sangat penting. Jika perlu, kamu juga bisa mendaftar PTN lewat jalur mandiri. Setelah mengetahui keempat tips mudah masuk PTN di atas, bagaimana menurut kamu? apakah mudah atau sulit.

5. Ketahui Perguruan Tinggi yang Berpeluang Diterima: Tips lulus PTN berikutnya adalah bisa mengetahui perguruan tinggi mana yang memungkinkan untuk diterima atau lolos seleksi. Ketua MRPTNI memberi pesan agar calon mahasiswa tidak ikut-ikutan teman.

Paling terpenting, jangan patah semangat sebelum mencoba atau mendapatkan kursi PTN yang diinginkan. Dengan mengikuti strategi di atas, diharapkan proses masuk PTN bisa lebih mudah dan berhasil bagi para calon mahasiswa. (*/red)